Angklung Kolintang

Alat Musik Indonesia yang paling populer http://www.kolintang.co.id

Kolintang dalam Indonesia National Orchestra.


Pada tanggal 21 Mei 2010 ,dipertunjukan Musik Orchestra yang unik dan pertama kalinya di gedung Sapta Pesona Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

Orchestra tersebut menggunakan alat alat musik tradisional dari seluruh tanah air Indonesia. Sebagai alat musik dari Sulawesi Utara kolintang juga ikut berpartisipasi dalam Indonesia National Orchestra.

Personal kolintang dalam Indonesia National Orchestra diwakili oleh dua orang dari Group Kolintang Petrus Kaseke,yaitu Liza Markus (siswa sekolah musik YPM) dan Markus Sugi (seniman otodidak) yang dengan bangga mendapat kepercayaan untuk berperan serta menampilkan alat musik Minahasa(Sulawasi Utara).

Kolintang memegang peranan penting didalam orchestra tersebut,karena kolintang dapat merangkap dua fungsi dalam alat musik,yaitu fungsi melodis maupun fungsi ritmis(sebagai alat perkusi),dibandingkan dengan alat musik kendang yang tidak dapat memainkan fungsi melodis,atau rebab yang sulit memainkan fungsi ritmis.

Permainan kolintang dipadu bersama dengan alat musik lain dengan menggunakan partitur, setara dengan fungsi alat musik marimba dalam orchestra barat.

Alat musik kolintang yang dipilih adalah melody kolintang(Ina Esa) yang mempunyai range nada 3.5 oktaf serta kolintang 2 dengan oktaf yang lebih rendah( Karua ) yang dengan kreatif digabungkan dengan cello (sela) oleh Liza Markus demi mendapatkan range nada yang mencukupi.

Pertunjukkan pertama Indonesia National Orchestra,mendapat perhatian dari tokoh musik Indonesia,artis dan pengamat musik Indonesia seperti Guruh Soekarno Putra,Adie M.S, Dwiki Dharmawan,Christine Hakim,Bagito,Bens leo dll.

Rencana Indonesia Nartional Ochestra mengadakan tour Australia th2011 dan Eropa th2012,sekiranya event event serupa ini dapat membuat kolintang lebih dikenal lagi di seluruh dunia.

By: Markus Sugi
http://facebook.com/kolintang

0 Response to "Kolintang dalam Indonesia National Orchestra."

Poskan Komentar