Angklung Kolintang

Alat Musik Indonesia yang paling populer http://www.kolintang.co.id

Dwiki Dharmawan: Musik Kolintang Menuju Unesco

January 24
23:112013
Kolaborasi Dwiki Dharmawan bersama alat musik perkusi dengan grup musik kolintang Mu'zani Tomohon (foto beritamanado)
Kolaborasi Dwiki Dharmawan bersama alat musik perkusi dengan grup musik kolintang Mu’zani Tomohon (foto beritamanado)
Kalawat – Komposer terkenal Dwiki Dharmawan tampil menawan bersama grup musik Mu’zani pada kolaborasi musik kolintang dan perkusi di Hotel Sutanraja, Kamis (24/1). Perpaduan musik kolintang sebagai musik daerah dan perkusi yang sudah dikenal dunia internasional memberi warna tersendiri pada seni musik tradisional Indonesia.
Khusus musik kolintang, Dwiki memberikan apresiasi kepada pemerintah dan insan musik daerah Sulawesi Utara yang menurutnya telah melakukan eksplorasi identitas budaya termasuk musik daerah. Semangat ini memberikan harapan pada musik kolintang sebagai musik tradisional asli daerah Sulawesi Utara menjadi warisan musik daerah yang diakui dunia internasional.
“Jika progresnya terus meningkat, saya yakin musik kolintang ini akan mendapat perhatian Unisco, menyusul dengan musik angklung dari Jawa Barat untuk mendapat pengakuan dunia. Salah-satu syarat yang harus dipenuhi yaitu meningkatkan deskripsi ilmiahnya,” ujar Dwiki.
Diingatkan Dwiki, untuk mencapai pengakuan tersebut harus diperbanyak komunitas musik kolintang, termasuk penampilan dan pagelaran kegiatan. “Semakin banyak komunitas dan sesering mungkin ditampilkan melalui pertunjukkan akan semakin baik. Nah, ini butuh ketekunan dan kerja keras semua insan musik kolintang,” tukas Dwiki. (Jerry)
http://www.kolintang.co.id

0 Response to " "

Poskan Komentar