Angklung Kolintang

Alat Musik Indonesia yang paling populer http://www.kolintang.co.id

Lancar Membaca Notasi Balok

A.MENULIS NOTASI BALOK DENGAN CEPAT

Sebelum dilanjutkan sebaiknya  review dulu cara menulis notasi balok dengan cepat  karena pengertian  dasarnya di awali dari sini  

B TAHAPAN UNTUK LANCAR MEMBACA NOTASI BALOK

1 Hafal posisi nada-nada pada Grand Staff dan intervalnya.

Dibandingkan dengan dengan menghafal perkalian 1-10 ,atau menghafal posisi anggota tubuh (kepala,pundak,lutut,kaki,daun telinga,mata dan hidung ,10jari kaki,dan 10 jari tangan), lebih mudah menghafal  posisi nada-nada pada Grand staff yang hanya 21 nada (= 7 nada diulang 3 kali), yaitu dari nada garis terendah sampai garis tertinggi GABCDEF GABCDEF GABCDEF
Metode melokasikan nada-nada  Grand Staff ke anggota tubuh akan membantu menghafal dengan cepat.Sekali baca pasti langsung ingat nada-nadanya , mulai dari bawah Sol sepatu (G) sampai ke rambut (F),nada-nada pada jari kaki-tangan(ABCDEF-GABCDE) , nada-nada F,A,C,E (dagu,hidung,mata,dahi),dan nada-nada bagian wajah yang lain telinga(B), mata (G),serta alis(D).

Interval yang perlu kita hafal :


Interval lompat SATU nada dari spasi ke spasi(= dari baris ke baris)GBDFACE GBDFACE.
Interval lompat DUA nada dari spasi ke baris dan kebalikannya BEADGCF.
Interval 1 oktaf dan seterusnya , yang biasanya secara tidak kita sadari akan hafal dengan sendirinya setelah dijadikan kebiasaan(di ulang-ulang dalam kegiatan sehari-hari)
Kesalahan umum pada pemula yang belajar notasi balok adalah terjebak pada satu titik (pusat) nada,dan untuk membaca nada tertentu pada Grand staff  caranya dengan mengurut satu persatu mulai dari titik (pusat) nada ( biasanya menghitung dari pusat huruf-huruf jadul G clef atau F clef).Pekerjaan mengurut nada satu persatu , seperti halnya kalau ditanya posisi mata , lalu kita hitung dahulu dari perut,setelah perut lalu dada,leher,dagu,mulut,hidung,telinga....Bingo...ketemu nih mata !  Cape dech....... 

2 Menerapkan latihan notasi balok dalam kegiatan sehari hari,contohnya:

a)Meng imajinasikan secara kreatif benda benda yang kita lihat menjadi  notasi balok,seperti ubin keramik,jemuran pakaian,mainan congklak ,zebra cross ,dan lain-lain ,sehingga kita dapat melatih notasi balok tanpa adanya partitur notasi balok ,dibawah ini link youtube cara anak saya waktu kecil berlatih notasi balok menggunakan tutup piano.
https://www.youtube.com/watch?edit=vd&v=FHAHFsT3_bE
b)Mainkan notasi balok didalam hati dengan  wajah orang lain menjadi partiturnya.
Dalam kendaraan umum,atau tempat-tempat menunggu yang tidak dapat melakukan kegiatan lain selain berdiam diri saya sering menyanyikan lagu (dalam hati) dengan orang yang didepan saya sebagai grand staff nya.Cara ini  juga efektif kalau kita ingin memandang mata seseorang tanpa takut , mainkan saja lagu (dalam hati) yang banyak menggunakan nada do(C) nya sehingga mengarah banyak ke mata , contohnya lagu :” soldo iwak kebo “.
*untuk membeli notasi lagu yang lengkap dengan ritmik yang benar dapat menghubungi email serenademusicengraving@gmail.com .
Seorang teman yang menerapkan  cara tersebut diatas bercerita, sekarang  dia lebih berani memandang lawan bicaranya, tapi herannya kalau didepan istri sendiri, nadanya melorot terus sampai turun 2 oktaf .
c)Mengganti  daerah-daerah yang akan kita lalu dengan titik titik nada ,sehingga rute perjalanannya dapat dinyanyikan.Dengan peta Jakarta sebagai  Grand Staff,saya dapat menyanyikan kegiatan sehari hari,biasanya centernya dirumah karena start dan finishnya rumah.
Sebagai informasi ,ilmuwan Pythagoras  yang hidup pada jaman 500 tahun sebelum Masehi sudah menjadikan planet-planet  sebagai titik nada.
d) Gunakan notasi balok untuk menulis cepat lagu yang kita dengar.
Kadang –kadang saya menemui sebuah lagu baru,supaya tidak lupa saya menulisnya pada kertas sembarang yang kebetulan ada,saya dapat mencatatnya dengan notasi angka maupun notasi balok.
Kalau diberi kertas kosong saya lebih suka menuliskan dengan notasi angka karena tidak perlu membuat garis garis bantu seperti halnya notasi balok,tetapi kalau sudah tidak ada ruang kosong lagi untuk di coret coret dengan notasi angka maka saya menggunakan notasi balok dengan garis bantunya baris dan spasi bacaan yang sudah ada seperti contoh lagu ini.


 C  MEMBACA NOTASI BALOK YANG LEBIH RUMIT.

1.Membaca notasi balok selain tangga nada dasar natural

Selain dengan tangga dasar natural Do=C ,kita sering menjumpai lagu dengan tangga nada dasar lain , yang dihasilkan dengan menaikkan(#  sharp/kruis),atau menurunkan (b  flat/mol )sebagian nada-nada naturalnya.
Ada 11 tangga nada dasar selain natural yaitu: 1# Do=G; 2# Do=D; 3# Do=A;4# Do=E: 5# Do=B; 6# Do=FIS=GES= 6b; 1b Do=F; 2b Do=BES; 3b Do=ES; 4b Do=AES; 5b Do=DES.
Cara yang paling mudah adalah dengan bantuan alat musik kolintang melody wangko pro L,kita tinggal menukar nada-nada yang dinaikkan(atau diturunkan),karena bilahan kolintang dapat dilepas pasang,setelah itu mainkan seperti biasa(seperti kita memainkan dengan nada natural).
Sebagai contoh lihat pada  gambar kiri bawah  untuk tangga nada 1 kruis Do=G ,dan gambar kanan bawah untuk tangga nada 2 kruis Do=D.
Wah...repotlah , kalau harus mengganti ganti bilahan !!
Sebetulnya kegiatan ganti mengganti adalah hal yang umum kita lakukan sehari hari seperti mengganti pakaian,mengganti persneling(Gigi) kendaraan . Untuk pemain kolintang yang tidak mau mengganti bilahan atau pemain piano yang tidak mungkin melepas tuts hitam menggantikan tuts putih,cukup mengarahkan pukulannya/jarinya ke nada nada  atas(accidental tone/tuts hitam).

2. Mempelajari istilah-istilah musik


Artikel ini sudah cukup untuk dapat membaca sebagian besar  notasi  musik ,untuk istilah istilah yang belum kita kuasai tentu harus mempelajarinya lewat kamus musik,seperti halnya kita sudah lancar membaca dalam bahasa Inggris,tetapi masih perlu membuka kamus untuk kata kata yang jarang kita dengar.
By : @kolintang


0 Response to "Lancar Membaca Notasi Balok "

Poskan Komentar