Angklung Kolintang

Alat Musik Indonesia yang paling populer http://www.kolintang.co.id

Sampah kayu kolintang


Kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan dan peduli terhadap pencemaran lingkungan butuh usaha yang keras dan memang tidak mudah untuk mengajarkannya.
Tetapi mungkin bisa berhasil bila masalah "kesadaran" ini diberi sedikit uang dan inilah yang dilakukan oleh pemerintah Cina.

Kotak mesin daur ulang (recycling machine) yang diletakkan di tengah kota ini pasti akan membuat masyarakat berbondong-bondong untuk rajin membuang sampah, khususnya untuk sampah alumunium dan plastik yang mempunyai kode bar (barcode) seperti kaleng minuman dan lainnya.
Bagaimana tidak, karena setiap sampah yang "diterima" oleh mesin ini maka anda akan mendapatkan 0,1 yuan atau sekitar Rp. 132,-.
Setelah meluncurkan mesin daur ulang ini, dalam seminggu pertama mereka bisa mengumpulkan sebanyak 3.000 botol kosong.

Bicara mengenai sampah,produksi kolintang juga menghasilkan bekas bekas serutan kayu dan potongan potongan kayu wilahan yang kami belum mempunyai cara untuk memanfaatkan atau mendaur ulang.

Opa yohanes kaseke yang paling rajin membuang sampah kolintang.Karena sudah terbiasa bekerja di kebun selama di Minahasa,maka tidak betah berdiam diri selama berada di Salatiga.Kondisi fisik opa memang kuat,menurut cerita sewaktu umur 60 tahun masih sanggup memanjat pohon kelapa yang tinggi.Waktu sudah berumur 80 tahun,masih rajin membuang sampah kolintang di Salatiga,tetapi karena untuk membuang sampah harus menyebrang jalan yang lalu lintasnya ramai maka kami larang karena mengkhawatirkan keselamatannya.Opa tidak boleh membuang sampah,dengan alasan kayu yang masih cukup panjang tidak boleh dibuang karena akan dipakai lagi.Tidak kehilangan akal,maka kayu yang masih panjang panjang dan masih dapat dimanfaatkan dipotong kecil kecil oleh opa,supaya dapat melakukan kegiatan membuang sampah.
Akhirnya opa dilarang membuang sampah baik kayu pendek ataupun kayu panjang.

Sekarang umur opa sudah hampir 100 tahun,kondisinya sudah agak menurun,karena tidak melakukan kegiatan bekerja lagi.Kami menyesal karena melarangnya membuang sampah,mestinya dibiarkan saja membuang sampah sebagai kegiatan sehari harinya berolah raga.
By:MS


0 Response to "Sampah kayu kolintang"

Poskan Komentar